Penyakit Cinta

Penyakit cinta terjadi karena dua sebab:

1. Karena menganggap indah apa-apa yang dicintainya.
2. Perasaan ingin memiliki apa yang dicintainya.

Cinta memiliki beberapa jenis dan tingkatan.

Yang paling mulia ialah cinta karena Allah dan di dalam agama-Nya.
Yakni cinta yang mengharuskan mencintai apa-apa yang dicintai Allah dilakukan berlandaskan cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.

Kedua, cinta yang terjalin karena adanya kesamaan dalam cara hidup, agama, hubungan kekeluargaan, profesi dan kesamaan dalam hal-hal lainnya.

Ketiga, cinta yang motifnya ingin mendapatkan sesuatu dari yang dicintainya; baik karena kedudukan, harta, bimbingan, ataupun kebutuhan biologis.
Cinta yang didasari hal-hal seperti itu akan hilang bersama dengan hilangnya apa yang ingin didapatkannya.

Keempat, cinta karena adanya kesamaan dan kesesuaian antara yang mencintai dan yang dicintai. Ini adalah jenis cinta yang banyak menimpa kaum muda. Atau umumnya yang dikenal dengan penyakit cinta itu sendiri.

Timbul pertanyaan, bahwa cinta ini merupakan bertemunya ikatan batin, ruh, tetapi mengapa ada cinta yang bertepuk sebelah tangan? Bahkan kebanyakan cinta seperti ini hanya sepihak dari orang yang sedang kasmaran saja? Jika cinta ini merupakan perpaduan antara jiwa dan ruh, maka tentulah akan terjadi antara kedua belah pihak dan bukan sepihak saja?

Jawabnya adalah, bahwa tidak terpenuhinya hasrat disebabkan kurangnya syarat tertentu. Atau adanya penghalang sehingga tidak terwujud cinta antara keduanya.

Hal ini disebabkan karena beberapa sebab:
pertama bahwa cinta ini sebatas adanya kepentingan. Oleh karena itu tidak mesti keduanya saling mencintai. Terkadang yang dicintai justru lari darinya.

Kedua, adanya penghalang sehingga seseorang tidak dapat mencintai orang yang dicintai, baik karena ada cela dalam akhlak, bentuk, rupa, sikap, dan faktor lainnya.

Ketiga, adanya penghalang dari pihak orang yang dicintai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s